KESENJANGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

 

KOMPAS/AGUS SUSANTO

Anak-anak kelas 4, 5 dan 6 bersiap mengikuti pelajaran di SDN 12 Tanjung Durian, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin (26/3/2018).


Pendidikan menjadi proses penting dalam pembangunan sebuah bangsa. Pendidikan yang berkualitas menggambarkan betapa sebuah negara kuat dari aspek sumber daya manusianya. Para pendahulu bangsa telah sadar betul akan hal ini, tertuang pada UUD 1945 dengan intisari bahwa “tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran”.

Potret pembangunan pendidikan di Indonesia sudah menunjukkan kecenderungan yang baik dari tahun ke tahun. Namun, hal tersebut tidak selaras jika angka pendidikan antar wilayah disandingkan. Akan muncul kesenjangan dengan gap yang cukup besar.

Seorang anak yang lahir di Papua akan meninggalkan bangku sekolah setelah enam tahun, dibandingkan seorang anak di Jakarta yang rata-rata berhenti setelah mengenyam pendidikan setelah 11 tahun. Perbedaan dalam pencapaian proses belajar ini bisa sangat mencolok; tingkat murid yang menyelesaikan pendidikan jenjang SMA/SMK/MA di Yogyakarta sebesar 87,99 persen sedangkan Papua hanya 30,92 persen.

Komentar

Postingan Populer